News

ENEOS Bagi Tips Mudik Pakai Mobil Pribadi

ENEOS Bagi Tips Mudik Pakai Mobil Pribadi
  • PublishedMaret 25, 2024

Roadnesia.com, TANGERANG – Lebaran menjadi salah satu momentum terbaik untuk mudik ke kampung halaman. Umumnya masyarakat lebih senang mudik pakai mobil pribadi ketimbang angkutan umum.

Meski begitu, ada kelebihan dan kekurangan ketika mudik menggunakan mobil pribadi dan angkutan umum. Keuntungan pakai pribadi adalah lebih fleksibel di kampung halaman ketimbang menggunakan angkutan umum.

Sebaliknya, mudik pakai mobil pribadi relatif lebih melelahkan ketimbang menggunakan angkutan umum. Karena, dengan angkutan umum bisa beristirahat selama perjalanan. Berikut tips mudik pakai mobil pribadi ala ENEOS.

1. Siapkan dokumen perjalanan

Agar tidak bermasalah dengan tilang selama perjalanan, siapkan segala keperluan dokumen perjalanan seperti halnya Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Dokumen penting yang wajib ada ketika mudik adalah asuransi yang masih berlaku. Membawa dokumen asuransi adalah antisipasi semua kemungkinan buruk selama perjalanan.

2. Persiapan fisik dan mental

Sebelum mudik, usahakan agar mempersiapkan fisik dan mental yang prima. Perjalanan jauh akan membuat pemudik mudah lelah. Oleh karena itu, pastikan seluruh peserta mudik atau anggota keluarga istirahat yang cukup agar tidak sakit di jalan. Selain istirahat, calon pemudik juga perlu untuk menyiapkan obat-obatan pribadi di dalam mobil.

3. Perawatan mesin mobil

Selain mempersiapkan kondisi tubuh, pemudik perlu mempersiapkan kendaraan dalam kondisi prima. Oleh karena itu, pemudik wajib melakukan perawatan berkala sebelum mudik.

Perawatan berkala di sini termasuk mengganti oli berkualitas. Oli berkualitas dapat membuat mesin mobil tetap prima dan mengurangi gesekan yang merusak mesin.

Gunakan oli sesuai dengan buku manual. Untuk mobil hybrid dan berteknologi turbo, gunakan oli ENEOS yang berstandar ILSAC GF-6.

Sedangkan untuk mobil lama, gunakan ENEOS MOTOR OIL SP CF 10W-30 dan ENEOS MOTOR OIL SP CF 20W-50. Kedua oli tersebut teruji dalam merawat dan memperpanjang usia mesin mobil.

Baca Juga  Daftar Program Mudik Gratis Isuzu Diperpanjang Sampai 3 Maret

4. Cek kaki-kaki kendaraan

Pastikan agar bagian kaki-kaki, rem dan ban juga dalam kondisi prima. Usahakan agar mengganti komponen kaki-kaki kendaraan yang kurang baik.

Ban yang baik dapat memberikan daya cengkram yang lebih baik di permukaan jalan. Terlebih lagi saat ini sudah memasuki musim hujan yang membuat jalan raya menjadi licin.

5. Pelajari rute mudik

Persiapan lainnya adalah mempelajari rute perjalanan mudik. Pemudik wajib tahu jalan, rute tercepat, lokasi istirahat, kondisi jalan dan posko kesehatan.  (Cit)

Written By
roadnesia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *